06 July 2010

Hastabrata

Terinspirasi dari novel yang saya baca (Samita - Tasaro GK), jadi ingin posting tulisan ini. Memang agak beda dari tulisan-tulisan saya sebelumnya. Agak berat, tapi saya suka istilah-istilah dalam bahasa Jawanya. Apalagi kata-katanya diambil dari alam sekitar. Semoga saja nggak kena pelanggaran UU Hak Cipta. Kalau memang melanggar, akan saya hapus deh.. huhuhu..


Hastabrata? Apa itu?
Arti gampangnya sih, delapan sifat pemimpin sejati. Ini dia:
  1. Surya (Matahari) = Bersifatlah seperti matahari. Yang memancarkan sinar terang sebagai sumber kehidupan. Menumbuhkan daya hidup rakyatnya untuk membangun negerinya.
  2. Candra (Bulan) = Seorang pemimpin harus mampu menjadi seperti bulan. Yang memancarkan sinar di tengah malam. Dia harus mampu memberi semangat kepada rakyatnya di tengah suasana suka maupun duka.
  3. Kartika (Bintang) = Berjiwa kartika, artinya dapat memancarkan sinar kemilauan, berada di tempat yang tinggi hingga dapat dijadikan pedoman arah. Dia harus menjadi teladan perbuatan yang baik.
  4. Angkasa (Langit) = Berhati seperti langit, luas tak terbatas. Mampu menampung apa saja yang datang padanya. Mempunyai ketulusan batin dan kemampuan mengendalikan diri, serta menampung pendapat rakyatnya.
  5. Maruta (Angin) = Seperti angin yang ada di mana-mana, tanpa mebedakan tempat. Selalu mengisi ruang yang kosong. Pemimpin harus dekat dengan rakyat, tanpa membedakan derajat dan martabatnya.
  6. Samudra (Laut) = Betapa pun luasnya, permukaannya selalu datar dan bersifat sejuk menyegarkan. Pemimpin sejati seharusnya bersifat kasih sayang terhadap rakyatnya.
  7. Dahana (Api) = Memiliki kemampuan membakar semua yang bersentuhan dengannya. Berwibawa dan berani mengakkan kebenaran secara tegas tanpa pandang bulu.
  8. Bhumi (Bumi) = Memiliki hati nurani seperti bumi, yang kuat dan murah hati. Selalu memberi hasil kepada yang merawatnya. Bermurah hati dan tidak mengecewakan kepercayaan rakyatnya.
Singkat, tapi mudah-mudahan bisa menjadi bacaan yang berguna. Mungkin inilah tipe pemimpin yang sekarang didambakan oleh rakyat negeri ini.

GO, INDONESIA!!

1 comment:

  1. Mas, mau nggak tukeran link? Linknya sudah dipasang loh di blog saya, mohon konfirmasinya…

    ReplyDelete